Sabtu, 19 September 2015

Payudara Jadi Kendur Setelah Masa Menyusui?


Benarkah bahwa payudara akan menjadi kendur setelah masa menyusui? ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi. Anjuran untuk menyusui adalah sampai bayi berusia 2 tahun dengan masa ASI eksklusif selama 6 bulan. Setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Maka kegiatan menyusui menjadi hal utama yang akan dipilih bagi ibu yang baru melahirkan. Sayangnya, ada anggapan bahwa payudara akan menjadi kendur akibat kegiatan menyusui bayi.

Benarkah kegiatan menyusui akan menyebabkan payudara kendur?

Beberapa ibu menemukan bahwa setelah penyapihan bayi mereka dari ASI, payudara mereka mengendur dan turun lebih rendah daripada sebelumnya. Sebuah studi oleh Dr. Brian Rinker dari Universitas Kentucky menunjukkan bahwa tindakan menyusui sebenarnya tidak terlalu terkait dengan kendurnya payudara.

Pada waktu hamil, payudara akan mengalami perubahan fisik dan komposisi. Payudara berisi jaringan lemak, stromal (penguat), glandular (kelenjar susu), serta jaringan konektif (pembuluh getah bening dan syaraf). Pada saat kehamilan payudara akan mengurangi jaringan lemaknya untuk menyediakan ruang bagi produksi susu.

Kondisi fisik payudara akan membesar secara signifikan akibat membesarnya kelenjar susu. Selama hamil dan menyusui wanita memiliki ukuran paling besar sepanjang hidup wanita.

Setelah menyapih, payudara akan mengecil. Kelenjar susu sudah tidak aktif, maka kondisi kembali seperti semula, namun jaringan lemak yang saat hamil hilang, biasanya tidak kembali lagi. Jadi, pembungkus yang tadinya kencang akan melar seiring pertambahan ukuran dan berat payudara saat menyusui. Kondisi melar ini juga tidak kembali saat masa menyusui berhenti. Inilah yang menyebabkan kenapa payudara menjadi tidak seindah dulu.

Usia dan perubahan berat badan - Body Mass Index (BMI), yang dapat dipengaruhi oleh kehamilan karena naiknya berat badan, juga dapat menyebabkan payudara melorot. Payudara Anda dapat dikembalikan hampir ke penampilan asli mereka sebelum melahirkan.

Tahap mengembalikan kekencangan payudara setelah menyusui:
1. Latihan olahraga.
Latihan kardiovaskular dan olahraga lainnya yang melatih otot-otot dada merupakan cara yang efektif untuk mencegah payudara kendur. Cardio, ketika dikombinasikan dengan pola makan dan gaya hidup sehat, dapat membantu menjaga BMI rendah dan membantu Anda mempertahankan bentuk dan posisi dari payudara Anda. Melatih otot-otot dada Anda melalui push-up dan latihan lainnya akan membantu menjaga otot-otot dada Anda tetap kencang dan kuat, yang dapat mengangkat posisi payudara Anda. Karena payudara melorot secara alami seiring pertambahan usia, Anda harus melakukan latihan olahraga sejak awal, bahkan sebelum Anda memiliki anak-anak, untuk menjaga bentuk dada dan otot Anda tetap tegang. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan.

2. Kenakan bra pendukung yang benar-benar sesuai.
Sebuah bra yang pas mendukung adalah pertahanan membantu mengobati payudara kendur. Memilih ukuran bra yang tepat dengan bantuan seorang profesional terlatih untuk memastikan bahwa bra yang dipilih cocok dan nyaman saat dikenakan. Bra harus nyaman dengan tali yang lurus di punggung Anda tanpa menyakiti kulit. Mengenakan bra yang sepenuhnya mendukung payudara dapat meringankan beban otot dada dalam menyangga payudara dan membantu menjaga bentuk payudara Anda.

3. Tunggu tubuh Anda untuk menyesuaikan diri setelah menyusui. Kehamilan dapat menyebabkan perubahan pada berbagai bagian tubuh Anda, termasuk payudara Anda. Ketika Anda mulai menyusui bayi Anda, payudara mungkin menjadi lebih besar dan lebih berisi. Tapi setelah menyapih sang bayi, Anda mungkin memperhatikan bahwa payudara telah mulai mengendur. Menurut konsultan laktasi Jan Barger, payudara akan kembali ke sekitar ukuran dan bentuk aslinya setelah Anda menyelesaikan proses penyapihan.

4. Menggunakan gel payudara yang dapat membantu mengangkat otot-otot payudara kembali kencang. Produk MCI Glucola Gel adalah gel yang berfungsi juga sebagai filler atau zat yang banyak digunakan para dokter bedah plastik untuk mengoreksi bagian tubuh yang kendur. Usapkan gel dengan sedikit pijatan dan biarkan nutrisi gel meresap ke dalam kulit. Pemakaian Glucola Gel secara teratur akan mengencangkan kembali otot-otot payudara yang mulai kendur dan menghaluskan kulit di area sekitar payudara.

Kejutkan suami dengan penampilan baru Anda yang lebih percaya diri. Produk aman dan terpercaya karena sudah lulus kualifikasi Badan POM. Gunakan secara teratur dan buktikan sendiri hasilnya.



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites